Rabu, 16 Januari 2013

Negara Paling Tua di Dunia

Negara tertua di dunia, mungkin semua juga masih belum mengetahuinya. Berdasarkan data yang ada di internet. Negara paling tua adalah San Marino, terletak didekat Italia. Kita pasti tidak akan menyangka, walaupun menjadi negara tertua tetapi tidak maju seperti negara yang besar seperti amerika atau eropa yang lain. Selain San Marino kita lihat negara lain yang termasuk negara tertua di dunia
1. San Marino (berdiri tahun 301)
SanMarino 300x240 Negara Tertua di Dunia
Selain tertua negara ini juga menjadi negara terkecil ke lima di dunia. San Marino adalah negara republik konstitusional tertua di dunia, dibentuk pada 3 September 301 oleh Santo Marinus dari Rab, seorang tukang batu Kristiani yang kabur pada saat persekusi agama oleh Kaisar Romawi Diocletian. Konstitusi San Marino diberlakukan pada 1600, adalah konstitusi tertua di dunia yang masih berlaku
2. Perancis ( berdiri tahun 486 )
Prancis 225x300 Negara Tertua di Dunia
Perancis telah menjadi salah satu kekuatan terbesar dunia sejak pertengahan abad ke-17. Di abad ke-18 dan 19, Perancis membuat salah satu imperium kolonial terbesar saat itu, membentang sepanjang Afrika Barat dan Asia Tenggara, mempengaruhi budaya dan politik daerah. Perancis adalah negara maju, dengan ekonomi terbesar keenam (PDB nominal) atau kedelapan (PPP) terbesar di dunia.
3.Bulgaria ( berdiri tahun 632 )
Bulgaria 300x263 Negara Tertua di Dunia
Bulgaria adalah sebuah negara di kawasan Balkan, Eropa bagian tenggara. Bulgaria berbatasan dengan Laut Hitam di sebelah timur; Yunani dan Turki di selatan; Serbia dan Republik Makedonia di barat; dan Romania (di sepanjang Sungai Donau) di utara.
4. Denmark ( berdiri tahun 950 )
Denmark 300x199 Negara Tertua di Dunia
Kerajaan Denmark adalah negara Nordik paling kecil dan terletak paling selatan. Negara ini terletak di Skandinavia, Eropa Utara sehingga termasuk Uni Eropa namun tidak berada di Semenanjung Skandinavia. Negara ini adalah sebuah monarki konstitusional.
5. Portugal ( berdiri tahun 1143 )
Portugal 300x200 Negara Tertua di Dunia
Republik Portugal adalah sebuah negara di Eropa bagian barat daya. Negara ini berbatasan dengan Spanyol di sebelah utara dan timur. Di sebelah barat berbatasan dengan Samudra Atlantik. Selain itu, Portugal juga mempunyai daerah di Madeira, Azores dan Kepulauan Selvagens. Portugal mengklaim sebuah daerah kecil bernama Olivença yang dikuasai Spanyol sejak Kongres Wina. Nama lama atau latin dari negara ini adalah Lusitania.
6. Andorra ( berdiri tahun 1278 )
Andorra 300x198 Negara Tertua di Dunia
Andorra adalah sebuah kepangeranan kecil yang terletak di Eropa bagian barat daya, di timur bantaran Sungai Pirenea dan berbatasan dengan Perancis dan Spanyol. Negara mewah ini terkenal dengan sektor pariwisata dan status bebas cukai. Andorra merupakan sebagian dari negara-negara Katalan.
7. Switzerland  ( berdiri tahun 1291 )
Switzerland 300x223 Negara Tertua di Dunia
Swiss adalah negara yang sebagian besar wilayahnya terdiri dari Pegunungan Alpen. Swiss dikenal sebagai negara netral namun tetap memiliki kerjasama internasional yang kuat.
Swiss berbatasan dengan Jerman, Perancis, Italia, Austria dan kerajaan kecil Liechtenstein.
Swiss kaya dengan sejarah sebagai sebuah negara yang netral tanpa memandang masa perang atau damai (dan tidak pernah terlibat dalam perang terhadap pemerintahan asing sejak tahun 1815). Oleh karena itu, Swiss dijadikan tuan rumah pelbagai organisasi internasional seperti PBB yang, meskipun markas besarnya ada di New York City, namun banyak mendirikan kantor di Swiss.
Itulah 7 negara tertua di dunia, negara yang banyak akan sejarah dan cerita, karena begitu lama berdiri, kalau di hitung sampai sekarang sudah berapa keturunan orang yang hidup disana.  Pengetahuan ini sangat penting , semakin banyak kita membaca semakin banyak pengetahuan yang kita dapat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar