Kamis, 05 Mei 2011

"Venice" From Borneo (Part .1)

Oleh : Clearesta Saprudi*

Mungkin blog ini tidak berlebihan kalau diberi judul "Venesia" dari Kalimantan. Gelar ini haya keinginan, karena dengan potensi yang dimiliki. Tidak menutup kemungkinan pariwisata di water city akan semakin maju. Daerah ini juga memiliki keunikan dan kekhsan sendiri.

Baiklah kita akan mengenal lebih jauh "Venesia" dari Kalimantan.

Ibukota Kabupaten Kapuas adalah Kuala Kapuas. Kota ini dikenal dengan sebutan kota Air (water city) karena keberadaannya dikelilingi oleh air.

Kuala sendiri berarti delta, karena berada pada tepian simpang tiga sungai Kapuas Murung,Sungai Kapuas dan Daerah Pantai/Pesisir Laut Jawa.
Pada malam hari, lampu-lampu dari pemukiman penduduk di tepian sungai yang amat luas berkerlap-kerlip dipantulkan oleh sungai disertai sapuan angin yang sejuk yang membawa nuansa magis.

Kota ini dibangun sejak lama sebelum adanya Palangka Raya, Ibukota Kalimantan Tengah. Kota ini berasal dari pelabuhan perdagangan skala kecil antar pulau dan antar daerah.
Pembangunan Kota Kuala Kapuas cukup intensif khususnya kawasan pemukiman dan wilayah kota baru yang mencakup gedung pemerintahan dan infrastruktur pendukung lainnya. Kuala Kapuas adalah pintu gerbang sisi selatan bagi Provinsi Kalimantan Tengah.

Rumah panjang (Betang) yang merupakan bagian Budaya "Dayak" masih berdiri tegak di kota kecil Buntoi, Desa Tumbang Kurik dan Tumbang Malohai. Kerajinan keranjang rotan di Kuala Kapuas, pemancingan udang air tawar dan pasar terapung mewarnai kehidupan masyarakat Kabupaten Kapuas. Terdapat pula kawasan pantai yang amat indah di daerah Cemara Lebat di tepian Laut Jawa.

Nah untuk berkunjung ketempat ini, pemerintah sudah menyediakan penginapan

Guest House “KOTA AIR”




Akomodasnya :

Salah satu akomodai unik di Provinsi Kalimantan Tengah adalah Guest House “KOTA AIR” di kota Kuala Kapuas. Akomodasi ini milik Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas.

Bangunan hotel ini terdiri dari 4 (empat) buah bungalow, dengan jumlah kamar keseluruhan 12 buah. Adapun klasifikasi kamar terdiri 4 (empat) VIP dan 8 (delapan) kamar standar.

Harga kamar per malam adalah: VIP Rp. 660.000,- dan standar Rp. 440,000,-

Kuala Kapuas Riverside Hotel ini berlokasi di Jalan Jendral Sudirman Nomor 10A, Kuala Kapuas 73513, Provinsi Kalimantan Tengah, tepat disamping Pelabuhan KP3 kota Kuala Kapuas.

Apabila anda berminat menginap dan merasakan indahnya tidur di hotel yang persis berada di bibir sungai Kapuas Murung maka Guest House “KOTA AIR” jawabannya. Inilah River View Hotel yang patut anda perhitungkan.

Untuk reservasi dapat dilakukan melalui telepon 0513- 22713 dan e-mail: guesthousekotaair@yahoo.co.id.
Di hotel spesifik milik Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas ini anda dilayani secara ramah oleh karyawannya

Fasilitas kamar VIP (Presidential suite seharga Rp 660.000) adalah AC, TV 21 inchi, kamar mandi di dalam dan teras river view tersendiri.

Bagi yang menginginkan kamar standar (Junior suite seharga Rp 440.000) akan menerima fasilitas AC, TV 14 inchi, kamar mandi di dalam dan memiliki teras river views bersama.

Sementara ini bagi pengunjung yang ingin menikmati keleluasaan lebih atau ingin fasilitas keluarga maka dapat menikmati bungalow dengan 1 presidential suite ditambah 2 junior suite dengan sewa Rp 1.540.000.

Selamat datang di kota AIR Kuala Kapuas.

Tunggu tulisan-tulisan berikutnya ...

* Penulis adalah pecinta pariwisata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar